Wana Wisata Padusan, Paduan Air Panas dan Kesejukan Alam Terbuka

0

Wana Wisata Padusan terletak di kawasan hutan petak 40,41,42 RPH Claket BKPH Pacet KPH Pasuruan. Tempat berluas 25,3 Ha ini masuk dalam wilayah administratif Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Selain menikmati keindahan alam pegunungan, Wana Wisata Padusan juga menjanjikan udara yang sejuk dan segar, karena tempat ini terletak di ketinggian kurang lebih 800 meter dpl. Suhunya sendiri rata-rata sekitar 20 derajat celcius.

Untuk menuju Padusan, dari Kota Surabaya jarak tempuh hanya sekitar 85 kilometer. Sedangkan dari Mojokerto hanya sekitar 45 kilometer.

Istilah Padusan memiliki makna ritual mandi bersama di pemandian umum. Dalam tradisi Jawa, ritual ini ditujukan untuk mensucikan diri sebelum puasa.

Tak heran jika jelang Ramadhan, kawasan ini mendapat kunjungan banyak wisatawan. Karena mereka ingin mensucikan diri sebelum berpuasa satu bulan penuh.

Ritual Padusan ini dianggap masyarakat sebagai tradisi dan biasanya dipimpin oleh seseorang yang di anggap tetua untuk memimpin do’a sebelum dimulainya padusan.

Selain menyaksikan keindahan alam pegunungan yang dikelilingi hutan Pinus, para wisatawan yang berkunjung ke Wana Wisata Padusan Pacet dapat menikmati berbagai wahana seperti kolam rendam air panas atau whirlpool.

Air yang ada dalam kolam ini merupakan air panas yang mengandung belerang alami. Biasanya digunakan untuk membantu proses penyembuhan dan relaksasi.

Kemudian kolam renang anak dan dewasa, camping ground, penangkaran rusa, Air Terjun Grenjengan, outbound dan gathering, ATV, tempat rafting, dan masih banyak lagi. (ddk | foto : dok kbm ecotourism perhutani jatim)

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.