Saatnya Berlibur di Wana Wisata Tanjung Papuma

0

Sedang di Jember dan sekitarnya? Bingung mau jalan-jalan ke mana hari ini? Masih bingung, coba ke Tanjung Papuma. Pantai eksotis ini terletak di Kecamatan Wuluhan, tepatnya 45 kilometer arah selatan dari Kota Jember. Dengan berkendara santai, tidak perlu ngebut, waktu tempuh hanya 45 menit.

Sesuai namanya, Tanjung Papuma adalah daratan yang menjorok ke laut. Posisinya yang sedemikian strategis membuat aset wisata yang kini dikelola KBM Ecotourism Perhutani Jawa Timur ini begitu memukau. Sepanjang mata memandang yang ada hanya lautan dan pantai indah.

Papuma adalah singkatan dari pasir putih malikan. Malikan sendiri bermakna mudah terbalik atau gampang berubah. Kata ini diambil dari imaji bebatuan di pantai dan lautan tanjung yang seolah berpindah-pindah atau terbolak-balik. Faktanya tentu tidak demikian.

Kini, Wana Wisata Tanjung Papuma tumbuh menjadi salah satu ikon wisata paling populer. Tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga di Indonesia. Bisa dimaklumi, kawasan ini memiliki semua prasyarat wisata pantai.

Lautan yang Indah
Berdirilah di dataran tinggi, lalu mulailah memandang ke arah laut. Yang ada hanyalah hamparan laut membentang, lengkap dengan ombak menggulung dan birunya yang memanjakan mata. Sesekali kita bisa melihat perahu-perahu para nelayan. Hanya itu? Tentu tidak. Sambil berdiri, nikmati hembusan angin yang segar.

Pasir Putih
Tentu saja, Tanjung Papuma menyuguhkan hamparan pasir putih yang bersih. Riak air laut yang menggulung tepian, perahu nelayan, dan, ini yang penting, ikan segar yang bisa dibeli dengan harga sangat terjangkau.

Pulau Karang
Memandang pantai, kita bisa melihat hamparan karang besar dan kecil, khususnya jika laut sedang surut. Berdasar catatan yang ada, karang-karang besar di Papuma itu dikenal dengan nama Pulau Batara Guru, Pulau Kresna, Pulau Narada, Pulau Nusa Barong, Pulau Kajang, dan Pulau Kodok yang bentuknya mirip kodok raksasa.

Siti Hinggil
Di ujung selatan Tanjung Papuma, kita bisa melihat Siti Hinggil. Dari tempat ini kita bisa melihat panorama Papuma, bahkan di setiap sisinya. Maklum, Siti Hinggil adalah tempat tertinggi di ujung Tanjung Papuma. Tingginya sekitar 50 mdpl.

Ekosistem Hutan
Dari pantai, kita bisa bergerak ke arah hutan yang hingga kini tetap terjaga kelestariannya. Hutan ini didominasi pohon gebang. Di sinilah kekayaan anekaragam hayati tersembunyi.

Kaya Fasilitas
Di Wana Wisata Tanjung Papuma, kita bisa menikmati berbagai fasilitas. Mulai dari Foresta Resort Tanjung Papuma, tempat parkir yang luas, toilet, musholla, dan masih banyak lagi. Di tempat ini kita juga bisa melihat Gua Jepang, Gua Lawa, Wisata Edukasi berupa paket Animal Watching dan Identifikasi Tanaman, Wisata Outdoor Activity seperti Outbound, Gathering, Camping, Adventure, dan masih banyak lagi.

Jadi, sudah tidak ragu datang ke Pantai Papuma kan? (hdl | foto : dok kbm ecotourism perhutani jawa timur)

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.