Menggapai Keabadian Cinta di Air Terjun Putuk Truno

0

Matahari hampir tepat di atas kepala. Slamet Widodo, 39 tahun, menggandeng tangan Asih, 36 tahun, istrinya. Wajah sepasang suami istri asal Kota Malang ini nampak sumringah. Tawa mereka sesekali lepas, apalagi saat Slamet nyaris terpeleset.

“Hati-hati dong,” kata Asih. Slamet tertawa lagi. Usai berganti pakaian, mereka duduk berdekatan, tak jauh dari air terjun. Percik lembut air yang jatuh tak membuat mereka terusik.

Pada wisatahutan.com, pasangan ini mengaku baru saja merayakan hari pernikahan ke-12. Dari pernikahan mereka, lahir dua buah cinta yang kini sedang dititipkan di rumah orang tua mereka di sebuah desa di kawasan Batu.

Kok tidak merayakan hari jadi di Batu saja? “Merayakan anniversary di sana sudah terlalu mainstream,” kata Slamet bercanda.

“Benernya ya gara-gara penasaran saja. Cerita kawan-kawan, di sini kan ada mitos. Barang siapa yang berkunjung dan berendam di bawah air terjun akan mendapatkan berkah keabadian cinta. Jadi pernikahan bisa langgeng,” aku pria kelahiran Lumajang ini.

Meski tidak seratus persen percaya pada mitos yang ada, ia mengatakan, yang penting niatnya baik. “Toh tidak ada yang salah. Kami jalan-jalan, menikmati keindahan alam Air Terjun Putuk Truno, lalu berendam di sini. Ya, siapa tahu niat baik kami disambut penguasa semesta,” candanya, disambut anggukan kepala istrinya.

Slamet dan Asih hanya satu dari sekian pasangan yang pernah mampir di tempat ini. Sebagian memang percaya, berkah keabadian cinta dari legenda Joko Taruno dan Sri Gading Lestari bisa menjaga niat mereka. Selebihnya hanya iseng, atau hanya sekadar berniat jalan-jalan bareng suami atau istri saja.

Seperti pernah ditulis, legenda Joko Taruno dan Sri Gading Lestari adalah kisah yang dipercaya ada dan berkembang di kawasan yang terletak di Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur ini.

Penasaran dan ingin membuktikan? Yuk, datang saja ke sini. Akses menuju lokasi sangat mudah. Dari Kota Pasuruan, dapat langsung menuju Kecamatan Prigen, tepatnya menuju Polsek Prigen. Jika dari arah Surabaya, maka rutenya melalui Surabaya – Sidoarjo – Porong – Gempol – Prigen – Air Terjun Putuk Truno. (ddk | foto : dok kbm ecotourism perhutani jatim)

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.