Gua Jepang, Saksi Sejarah yang Tersembunyi di Papuma

0

Tips sederhana. Saat jalan-jalan di Tanjung Papuma, jangan di waktu yang terbatas. Jangan mepet. Karena di kawasan ini, kita akan menemukan beberapa spot menarik. Di antaranya, Gua Jepang.

Sebuah sumber menyebutkan, di kawasan pantai selatan Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, setidaknya ada lima gua yang letaknya berjauhan. Posisinya yang ada di perbukitan, salah satunya di ketinggian 100 meter, membuat banyak orang meyakini jika Gua Jepang dibangun sebagai titik pantau.

Di sinilah para tentara Jepang bersembunyi dan memantau gerakan tentara Sekutu yang datang ke wilayah mereka lewat laut. Seperti diketahui, pada tahun 1942-1945, tentara Jepang berhasil menguasai banyak wilayah di Indonesia, termasuk Ambulu. Spekulasi lain, Gua Jepang sebetulnya terowongan yang bisa digunakan untuk jalur transportasi kendaraan militer Jepang.

Spekulasi ini diperkuat dengan cerita masyarakat setempat, puluhan tahun lalu, ada tank yang tertinggal di sini. Sayang, bukti sejarah ini hilang entah kemana.

Yang pasti, setelah tentara Jepang menyerah tanpa syarat dan semangat kemerdekaan merebak pada 17 Agustus 1945, gua-gua ini ditinggalkan begitu saja.

Salah satu gua itu terletak di kawasan perbukitan jalan menuju Wana Wisata Papuma. Gua lainnya tersebar di Bukit Suroyo dan Seruni. (hdl)

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.